-->

3 Pesan Rasulullah Saat Terjadi Gerhana Matahari

gerhana-matahari-total-indonesia-9-maret-2016eketawa - Indonesia bakal alami fenomena gerhana matahari keseluruhan. Fenomena ini nyatanya sempat juga berlangsung di jaman Rasulullah SAW. Waktu itu, Rasulullah berikan pesan pada umatnya, yang lalu isi pesan itu ditulis dalam beragam kisah hadits.

Diambil dari Liputan6. com, berikut tiga pesan Rasulullah.

*Gerhana Matahari Yaitu Kuasa Allah SWT

Rasulullah SAW berpesan sekalian memperingatkan pada manusia ataupun jin, kalau sebenarnya gerhana matahari atau bln. yaitu sisi dari sinyal tanda kekuasaan Allah SWT di muka bumi. Gerhana matahari berlangsung bukanlah lantaran kematian atau kelahiran seorang. Seperti dalam hadits di bawah ini :

“Sesungguhnya matahari serta bln. yaitu dua sinyal diantara sinyal tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tak berlangsung lantaran kematian seorang atau lahirnya seorang. Bila lihat hal itu jadi berdo’alah pada Allah, bertakbirlah, lakukanlah shalat serta bersedekahlah. ” (HR. Bukhari no. 1044)

*Berdoa serta Bertakbir Waktu Berlangsung Gerhana Matahari

Pesan ke-2 Rasulullah pada umatnya saat lihat gerhana matahari yaitu berdoa pada Allah, bertakbir, berdzikir, bersedekah, serta perbanyak amalan shaleh. Hal semacam ini seperti dimuat dalam hadits di bawah ini :

“Sesungguhnya matahari serta bln. yaitu dua sinyal diantara sinyal tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tak berlangsung lantaran kematian seorang atau lahirnya seorang. Bila lihat hal itu jadi berdo’alah pada Allah, bertakbirlah, lakukanlah shalat serta bersedekahlah. ” (HR. Bukhari no. 1044).

*Melakukan Shalat

Pesan paling akhir yang di sampaikan Rasulullah saat lihat gerhana yaitu cepatlah membangun shalat Gerhana. Yang lalu dimaksud dengan shalat gerhana. Rasulullah SAW bersabda :

”Jika kalian lihat gerhana itu (matahari atau bln.), jadi bersegeralah untuk melakukan shalat. ” (HR. Bukhari no. 1047).

Sebagai umat Muslim, kita harus lakukan shalat gerhana lantaran shalat gerhana yaitu shalat yang langka. Oleh karena itu, jangan sampai anda melupakan shalat gerhana.

gerhana-matahari-total-indonesia-9-maret-2016 jangan lupa Sholat Gerhana

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Pesan Rasulullah Saat Terjadi Gerhana Matahari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel