-->

Pengantin Baru Hilang 35 Hari Gara-gara Lewat Gunung Ini !!!

[caption id="attachment_6086" align="aligncenter" width="673"]Penganting Baru malam pertama Ilustrasu Penganting Baru (foto:google)[/caption]

Fakta Unik - Mitos rakyat yang memiliki penafsiran spesifik berkaitan dengan Gunung Pegat di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri, masihlah tumbuh subur di orang-orang modern seperti saat ini.

Mitos gunung yang dilewati jalur penghubung Kecamatan Ngadirojo-Nguntoronadi, Tirtomoyo, Baturetno, serta Batuwarno itu tidak lepas dari namanya, yaitu pegat.

Pegat dalam bhs Jawa bermakna putus atau pisahlah. Mitos yang berkembang mengatakan pasangan pengantin umur pernikahannya kurang dari selapan atau 35 hari bila lewat gunung itu pagi, siang, ataupun malam dapat pegatan atau berpisah.

Tak ada yang tahu dengan cara tentu mitos itu berkembang mulai sejak kapan. Narasi yang di muat laman Solopos. com, dulu ada dua gunung yang menyatu. Tetapi, satu saat gunung itu dipisahkan oleh jalan.

baca: 10 Cerita Lucu Pengantin Baru saat Malam Pertama

Lepas dari cerita sebatas dikira mitos, tetapi sebenarnya banyak pasangan pengantin baru yang pilih hindari Gunung Pegat bila melancong.

Warga Kecamatan Wonogiri yang terlebih dulu bertempat tinggal di Baturetno, Priyo, waktu didapati Solopos. com di lokasi kota Wonogiri, Minggu (4/4/16), mengakui waktu jadi pengantin baru 1998 silam sehari-hari pilih melalui jalur Pracimantoro sejauh lebih kurang 70 km. (km) bila pergi bekerja ke Wonogiri atau waktu pulang bekerja.

Perjalanan jauh itu dia tempuh untuk hindari Gunung Pegat. Walau sebenarnya, bila lewat Gunung Pegat perjalannya cuma separuhnya. Lelaki berumur sekitaran 40-an th. itu bersedia mengerjakannya lantaran tidak mau mengecewakan orang tuanya yang berasumsi mitos Gunung Pegat buat pengantin baru pegatan benar ada.

“Saya tidak ingin nanti jadi tertuduh. Contoh saya nekat lewat Gunung Pegat, ndelalah ada peristiwa yg tidak dikehendaki, beberapa orang akan menyalahkan saya lantaran tidak nurut sama orangtua, ” ujar dia. (sumber:solopos)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengantin Baru Hilang 35 Hari Gara-gara Lewat Gunung Ini !!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel